Sunday, November 17, 2013

Kuliah di Universitas Terbuka (Bag 5 - Galeri Foto)

Oke deh, udah lama gak posting mengenai Universitas terbuka.

Kali ini penulis akan memperlihatkan beberapa foto/hasil scan dari dokumen-dokumen (dan lain sebagainya) yang dijumpai penulis selama menjadi mahasiswa UT (pada saat artikel ini ditulis, penulis baru menyelesaikan ujian akhir semester 2).

Gambarnya bisa diklik untuk versi yang lebih besar.



Gambar 1

Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah buku-buku yang dibeli penulis saat semester 1, harganya kurang lebih sekitar 600ribuan. Bisa dilihat di sini bahwa selain mendapat buku, penulis juga mendapatkan beberapa CD yang isinya penunjang mata kuliah.

Belinya waktu itu pesan secara online di Koperasi Karunika, kemudian pembayaran melalui bank mandiri (ada nomor billingnya, bisa dibayar melalui ATM, tapi penulis waktu itu langsung bayar di loket). Setelah itu beberapa hari kemudian dikirim ke rumah.

Walaupun harga pengirimannya adalah harga untuk paket kilat, tapi sampainya beberapa hari kemudian. Sepertinya karena tidak langsung dikirim (proses packing dan administrasi lama), atau memang ada kendala di pengiriman (intinya 'rugi' karena kita harus bayar untuk paket kilat, sedangkan pengirimannya tetap lama)

Gambar 2
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah buku-buku yang dibeli penulis saat semester 2. Kali ini di website Karunika, dibilang bahwa "hanya bisa bank BRI". Yang ini sempat merepotkan, karena penulis harus bolak-balik ke bank.

Gara-garanya :

a. Penulis pertama kali pesan saat Jumat pagi, dan diberi waktu 3 hari untuk membayar. Sayangnya ternyata 3 hari yang dimaksud itu adalah 3x24jam, Jadi expirednya Senin pagi. Alhasil ketika penulis coba bayar pada senin siang, billingnya sudah expired.

b. Coba pesan untuk kedua kalinya, saat bayar gagal terus. Katanya sih gangguan jaringan (kasir bank menyatakan bahwa error-nya adalah "anda tidak diperkenankan melakukan transaksi ini"). Penulis mencoba telpon ke pihak Karunika, disuruh coba pesan lagi besoknya (karena hari itu sudah hari terakhir lagi, besoknya expired)

c. Ketiga kalinya baru sukses, ini awalnya gak jalan juga, sampai akhirnya saya telpon langsung dari bank
(pakai HP), supaya petugas UT-nya yang ngomong langsung dengan kasir. Anehnya, langsung bisa (*kecurigaan penulis adalah jangan2 ada yang harus dipencet di sono biar terproses)

Gambar 3
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah buku panduan yang didapat penulis saat pendaftaran semester 1. Oh ya, buku deskripsi mata kuliah itu bukan katalog yah, waktu itu katalognya disuruh minta ke tukang fotokopian di belakang (kehabisan atau belum dicetak, waktu orientasi mahasiswa baru sih dibilangnya belum bisa dibagikan karena masih ada revisi.

Gambar 4
Image Hosted by ImageShack.us

Ini yang disebut LIP (Lembar Informasi Pembayaran). Ini untuk yang semester 2, diprint langsung dari internet dan dibawa ke bank Mandiri untuk pembayaran.

Bisa dilihat bahwa jam ujian sudah ditentukan dari awal (21 artinya hari kedua shift pertama), sehingga mahasiswa bisa tahu dari awal, apakah ada mata kuliah yang bentrok.

LIP ini harus disimpan, dan digunakan saat pengambilan KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian).

Gambar 5
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU), dapat diambil 10 hari sebelum ujian. Bisa dilihat bahwa lokasi ujiannya menumpang di SMPN 92 Rawamangun (untuk hari pertama) dan SMPN 216 Salemba (untuk hari kedua).

Pada hari kedua juga ada 'bolong' 2 shift, jadi tidak nyambung (waktu itu ruangan yang sama, tempat duduk penulis dipakai orang lain).

*Note : sayangnya penggunaan kalkulator tidak disebutkan di sini, jadi peserta ujian harus menebak sendiri apakah nantinya boleh menggunakan kalkulator atau tidak


Gambar 6
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah denah lokasi ruangan ujian yang ditempelkan di depan SMPN 92. Dari denah ini, penulis dapat mencari ruangan ujian yang ditentukan.

Gambar 7
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah tata tertib ujian yang ditempelkan di depan setiap ruang ujian. Di sebelahnya ada daftar peserta dalam ruangan tersebut.

Gambar 8
Image Hosted by ImageShack.us

Daftar peserta beserta ujian yang diambil. Dalam 1 ruangan, tidak semua peserta menjalani ujian untuk mata kuliah yang sama (waktu itu hanya 3 orang di ruangan itu yang mengambil mata kuliah sama dengan penulis, dan tempat duduknya berjauhan).

*Note : gambarnya memang buram, maklum, diambil pake kamera hape.

Gambar 9 
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah paket (berisi buku) yang diterima penulis beberapa hari setelah melakukan pembayaran.


Gambar 10
Image Hosted by ImageShack.us

Ini adalah kartu mahasiswa milik penulis. Ini model yang lama, yaitu kertas di-laminating (sendiri).
Model yang baru sudah berbentuk plastik, dan bisa digunakan juga untuk transaksi perbankan (bank yang bekerja sama dengan UT, dan harus punya rekening di situ).

Ok, udah itu saja dulu. Nanti kalau ada update lagi ditambahin di bawahnya.

No comments:

Post a Comment